Hati-Hatilah dengan Kesalahan Makeup yang Dapat Sebabkan Jerawat

Hati-Hatilah dengan Kesalahan Makeup yang Dapat Sebabkan Jerawat – Jerawat merupakan hal yang sangat wajar terjadi karena pertumbuhan diri menjadi lebih dewasa, namun kebanyakan orang merasa sangat terganggu dengan adanya jerawat.

Kebanyakan perempuan mungkin tidak nyaman dengan jerawat yang muncul di wajah. Kamu barangkali juga demikian, Ladies. Saat timbul jerawat di wajah, kamu mencoba menutupinya dengan makeup. Banyak pula produk yang dapat menyamarkan , seperti foundation, concealer, dan lainnya.

Namun untuk beberapa kondisi kulit tertentu, makeup justru dapat memperparah jerawat, menimbulkan alergi, atau bahkan menyumbat pori-pori. Karena itu, pengunaan makeup harus diperhatikan.
Di samping itu, ada pula beberapa kesalahan yang justru bisa menyebabkan jerawat. Apa saja kesalahan tersebut? Simak penjelasan berikut seperti kami rangkum dari berbagai sumber.

Hati-Hatilah dengan Kesalahan Makeup yang Dapat Sebabkan Jerawat

1. Tidak mengaplikasikan makeup pada kulit yang bersih
Penting untuk mencuci muka setiap hari, baik sebelum atau setelah mengaplikasikan makeup. Mengaplikasikan makeup dengan wajah yang bersih membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang memicu jerawat.
Mengutip Insider, Dr. Joshua Zeichner, direktur Penelitian Kosmetik & Klinis di Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai mengatakan, “Untuk menghindari jerawat di wajah saat menggunakan makeup, kalian bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat untuk menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan sel-sel mati dari permukaan kulit wajah.”

2. Tidak membersihkan kuas makeup dengan rutin
Coba pikirkan kapan terakhir kamu mencuci kuas makeup? Jika kamu tidak ingat kapan terakhir kamu mencuci peralatan makeup, kemungkinan peralatan makeup kamu sudah banyak mengandung bakteri dan kotoran. Idealnya, kita harus membersihkan kuas dan peralatan makeup setiap kali selesai digunakan.

Seperti penjelasan penata rias selebriti dan pendiri lini kosmetik PEEK Beauty, Christina Bartolucci kepada Women’s Health, kamu harus memperlakukan kuas seperti rambut di kepala.
“Cuci dan keringkan kuas setiap seminggu sekali. Ini akan mengurangi bakteri dan kuman dalam peralatan makeup. Untuk spons dan beauty blender, sebaiknya kamu mencucinya dengan sabun dan air panas, peras hingga airnya jernih,” kata Christina.

3. Mengaplikasikan makeup dengan tangan yang tidak bersih
Kamu mungkin kerap menggunakan tangan atau jari untuk mengaplikasikan makeup. Namun, kamu bisa jadi jarang memperhatikan kebersihan tangan atau jari sebelum mengaplikasikan makeup. Jika tangan atau jari kotor, kamu hanya akan memindahkan bakteri dan kuman dari tangan ke wajah.

Baik menggunakan kuas atau tangan, kamu juga harus memperhatikan kebersihan saat merias wajah. Hindari menggosok kulit secara agresif karena hal ini akan menyebabkan iritasi, terutama di area yang rawan timbul .